Senin, 18 Juli 2011

28 Kartun Legendaris


Pada masih inget gak dulu masih kecil sering nonton kartun apaan?  Saya mah dulu sering banget nonton kartun, tiap siang pulang sekolah ato tiap minggu pagi habis pulang dari gereja mesti tontonannya kartun. Jaman itu mata saya belum ternodai dengan sinetron2 yang tiap episode nangis trus ada geledek dimana-mana, ato adegan pergi ke gunung naik elang. Sekarang berhubung udah ngekost dan di kost dak ada tipi jadi gak pernah nonton kartun lagi, Tapi lumayanlah tiap minggu pagi bisa denger lagu nya Sinchan ato Doraemon dari kamar sebelah. Jadi kangen nonton kartun. :'(

Nah. . . berikut ini ada ulasan dikit tentang kartun2 yang pernah saya tonton dan membekas di hati (cailah. . .) Cekidot!!!

DORAEMON


 Berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya "baling-baling bambu" dan "Pintu ke Mana Saja". Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

SAILOR MOON


Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis dengan kekuatan tata surya melawan berbagai musuh dari kegelapan. Mereka memiliki misi mencari sang putri bulan dan kristal perak.

POWER RANGERS


Kisah tentang lima orang yang ditugaskan untuk membasmi penjahat dan melawan serangan2 dari para penjahat yang dapat mengganggu ketenangan manusia.


NINJA HATTORI


Anime ini bercerita tentang petualangan seorang ninja ke kota Tokyo. Di kota itu ia bertemu dengan seorang anak yang bernama Kenji kemudian bersahabat dengannya dan tinggal di rumahnya. Namun ternyata di lingkungan tempat tinggal Kenji, ada seorang anak yang juga ninja namun dari klan yang berbeda dengan Hattori. Anak itu bernama Kimimaki dan ia sangat nakal. Ia selalu mengganggu Kenji dan teman-temannya. Hattori kemudian berusaha membantu Kenji dan yang lainnya untuk mengatasi kenakalan Kimimaki.

P-MAN


Di suatu planet hidup seorang super hero bernama Bird-Man yang bertugas menjaga keamanan di alam semesta ini. Untuk menjaga keamanan bumi, Bird-Man menugaskan seorang anak kelas 4 SD yang bernama Mitsuo yang jika menggunakan jubah dan topengnya dapat berubah menjadi P-Man. Namun karena Mitsuo tetap seorang anak yang mempunyai kewajiban untuk sekolah, dll, jika dia harus menjadi P-Man, Bird-Man memberi dia sebuah robot yang dapat menggantikan tugasnya sebagai Mitsuo.

 WOODY WOODPECKER


Menceritakan keseharian seekor burung pelatuk yang bernama Woody Woodpecker yang lucu dan jahil.

TOM AND JERRY


Berkisah tentang keseharian si kucing Tom dan si tikus Jerry yang selalu kejar-kejaran. Jery yang selalu menjahili Tom sehingga menyebabkan Tom marah dan mengejarnya disertai dengan kejadian-kejadian lucu lainnya.

LOONEY TUNES


Menceritakan tentang Bugs Bunny dan teman-temannya. Bug Bunny menggambarkan seekor kelinci yang memiliki akal yang banyak dan tidak gampang putus-asa. Tetapi ia juga digambarkan jahil dan suka mengerjain orang lain. Tetapi hal ini tidak akan dilakukannya tanpa diusik terlebih dahulu.

POPEYE


Kisah tentang seorang pelaut yang bernama Popeye dan memiliki kekasih bernama Olive. Namun mereka seringkali diganggu dengan kehadiran Bruto yang menyukai Olive. Dari postur tubuh, Popeye kalah jauh jika dibandingkan Bruto yang berbadan besar. Tapi Popeye mempunyai senjata andalannya yaitu bayam. Jika popeye makan bayam, badan ia akan menjadi kuat dan besar. Ia pun dapat mengalahkan Bruto.

DONALD DUCK


Menceritakan keseharian seekor bebek yang bernama Donal yang sering tertimpa masalah akibat sifatnya yang pemalas dan cepat marah. Seringkali Ia berusaha untuk menahan marahnya, namun pada akhirnya selalu berujung dengan sifat aslinya.

MICKEY MOUSE


Kisah tentang seekor tikus, Mickey yang cerdas dan temannya Gufi. Keduanya bersama-sama sering menangani kasus2 kriminal.
 
POKEMON


Cerita tentang seorang anak berumur 10 tahun yang diminta tolong oleh seorang profesor untuk membantunya dalam mengumpulkan semua pokemon / memenuhkan pokedex untuk menyelesaikan eksperimennya. Tetapi , anak tersebut mulai menyukai pokemon , sehingga ia ingin menjadi pokemon master league. 

CRAYON SHINCHAN


Crayon Shinchan adalah seorang bocah berusia lima tahun, ia murid taman kanak-kanak yang sering membuat ulah, dan membuat repot semua orang di sekitarnya. Misalnya ia sering meledek ibunya bila disuruh merapikan mainannya. Seperti ayahnya, Shinchan juga suka melihat wanita cantik dan sering merayu mereka.

SCOOBY DOO

Kelima tokoh ini (secara resmi dikenal bersama sebagai "Mystery, Inc." walaupun pada awalnya tidak dinamai demikian) berkeliling dunia menggunakan sebuah mobil van yang dinamai "Mystery Machine", dan memecahkan berbagai misteri yang berhubungan dengan hantu dan kekuatan gaib. Pada akhir tiap episode-nya, kekuatan gaib itu ternyata memiliki suatu penjelasan yang masuk akal, biasanya mengenai rencana-rencana kriminal yang menggunakan kostum dan efek mekanis khusus dengan tujuan untuk menakut-nakuti atau mengalihkan perhatian.

MARSUPILAMI


Cerita tentang seekor marsupilami yang cerdas dan banyak akal, sehingga ia dan keluarganya selalu lolos dari kejaran penjahat yang ingin menangkap mereka.


BLUE’S CLUES


Berkisah tentang seekor anjing yang bernama Blue dan majikannya Steve. Blue selalu punya ide2 cemerlang untuk dilakukan bersama Steve, Blue memberitahu kepada Steve dengan petunjuk2 barang yang diberi tanda jejak anjing Blue.

SHAMAN KING


Menceritakan tentang seorang anak bernama Yoh Asakura yang bisa berhubungan dengan roh dan anak ini sedang berlatih untuk mengikuti pertandingan shaman (Shaman Fight) yang diadakan setiap 500 tahun sekali dan menjadi Shaman King yaitu sang juara turnamen dan seorang pemenang turnamen yang akan mendapatkan roh agung (Great Spirit) dan memimpin dunia. Apabila yang menjadi seorang Shaman King adalah orang baik maka dunia akan terbawa ke jalan yang baik pula, namun apabila yang menjadi shaman king orang yang jahat maka akan membawa dunia ini pada kehancuran.

NARUTO


Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja remaja yang berisik, hiperaktif, dan ambisius yang terus bertualang dalam mewujudkan keinginan untuk mendapatkan gelar Hokage, ninja terkuat di desanya.

DORA THE EXPLORER


Dora, tokoh utama serial ini, adalah seorang gadis kecil yang baik hati dan senang menjelajah. Ia selalu ditemani oleh Boots, seekor monyet. Sepanjang perjalanan mereka akan dibantu oleh beberapa teman yang akan membantu. Dalam penjelajahannya, Dora banyak mengajak penonton untuk "turut" membantunya, seperti mengajak anak-anak yang menjadi penontonnya untuk menjawab pertanyaan Dora, membantu menghitung, memilih jalan atau benda yang mereka butuhkan dari beberapa alternatif pilihan, mencari benda yang tersembunyi, atau memperingatkan bila Swiper mendekat
 
THE ELIZA THORNBERRY


Kisah seorang anak bernama Eliza Thornberry, Ia selalu mengunjungi tempat-tempat yang banyak binatang langka karena ayah dan ibunya adalah reporter alam dan binatang. Eliza bisa berbicara dengan semua binatang karena terkena kutukan dari seorang suku. Ia mempunyai teman seekor monyet yang sangat pandai benama Darwin.

FAIRY ODD PARENTS

ini kisah tentang Timmy Turner, bocah 10 tahun yang sering ditinggal oleh orang tuanya kerja dan ia merasa bosan dirumah. Timmy selalu dijadikan bulan-bulanan oleh Vicky pengasuhnya dan gurunya yang sangat tergila-gila dengan peri.  Suatu ketika dia memohon permintaan dan keesokan harinya ia memiliki peri sepasang suami istri Cosmo dan Wanda yang menjadi orang tua angkat perinya, semua permintaan Timmy dikabulkan oleh kedua peri itu.

CHALKZONE


Tokoh utama dalam kartun ini adalah seorang murid SD bernama Rudy Tabootie. Ia memiliki sebuah kapur ajaib yang memungkinkannya masuk ke ChalkZone atau "Zona Kapur", sebuah dimensi lain di mana apapun yang pernah digambar dengan kapur ajaib ini menjadi hidup. . Kemudian Rudy mengajak teman perempuannya Peny Shances dan berteman dengan Snap yang berasal dari dunia kapur. Serial ini berkisar pada petualangan Rudy bersama Snap kawannya dan teman sekelasnya Penny Sanchez.

 HEY ARNOLD!


Menceritakan tentang kehidupan Arnold dan kawan-kawan sebagai anak sekolah bangku kelas 5 SD dengan keseharian mereka yang seru.


CHIBI MARUKO CHAN


Chibi Maruko-chan tokoh utama berupa anak perempuan berusia 9 tahun kelas 3 SD. Kisahnya bertemakan komedi kehidupan sehari-hari anak SD bersama keluarga dan teman-temannya. Dia pemalas, suka bikin berantakan, nilainya sering buruk dan sering terlambat ke sekolah sehingga sering menyusahkan ibunya terutama untuk membangunkannya. Sifatnya bertentangan dengan kakaknya perempuannya yang rajin, pandai serta perpendirian tenang. Seperti kebanyakan anak seusianya ia tidak senang bila diberi tugas rumah dan sering memilih-milih makanan. Selain itu ia merupakan cucu kesayangan kakeknya. Ia bercita-cita menjadi seorang pengarang manga ketika besar nanti.


ATASHIN’CHI


Atashin'chi mengisahkan tentang drama komedi keluarga biasa Jepang. Anime ini bercerita tentang keseharian keluarga Tachibana. Dengan cerita yang ringan dan menghibur mampu menyedot perhatian pembaca. Karakternya pun dibuat dengan imut seperti chibi, tetapi untuk karakter "ibu" dibuat seunik mungkin.


THE RUGRATS

The Rugrats adalah kartun produksi dari Nickelodeon. Kartun ini bercerita tentang sekelompok bayi yang gemar bertualang, tentunya bertulang dalam arti sesungguhnya. Kartun ini sangat menarik, karena kita diajak menyelami pemikiran para bayi dan kegiatan-kegiatan mereka.


JIMMY NEUTRON


Kartun ini berkisah mengenai kehidupan seorang anak jenius bernama Jimmy Neutron yang sering membuat eksperimen alat2 yang unik dan bisa menguntungkan, tetapi selalu gagal dan berakibat bahaya, tetapi dengan otaknya pula dia bisa menyelesaikannya. Ia juga punya anjing robot bernama Goudart yang sangat penurut dan pintar.


SPONGEBOB SQUAREPANTS


Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya Gary, seekor siput laut yang berperilaku sebagai kucing. Spongebob tinggal bertetangga dengan sahabatnya Patrick, seekor bintang laut dan tetangga yang selalu memusuhinya Squidward, seekor gurita yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet. Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun. Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.